Tuesday, November 3, 2015

Silica gel, bahaya!



Awas silica gel, anti lembap!
Tulisan dan gambar ini saya peroleh dari broadcast yang sumbernya tidak diketahui.

Benarkan ini?
Pendek saja. Diceritakan bahwa seorang anak bermain2 dengan sebungkus silica gel. Bungkus terbuka, ada butiran silika masuk ke mata. Mata anak bengkak, kemudian putih, lalu buta. Begitu ceritanya. Benarkah silika di dalam kantong silika tadi berbahaya?  

Diskusi
Silica gel sering kita temui dalam kemasan obat, kemasan makanan dll. Dia berguna untuk menyerap uap air di dalam kotak, sehingga barang di dalamnya tetap kering, tidak rusak, tidak berjamur.
Apa isinya? Isi utamanya silika. Silika adalah pasir. Di sini dia dihancurkan lembut sehingga permukaan totalnya lebih besar sehingga bagus untuk menyerap uap air. Silika bersifat lamban, inert, tidak bereaksi di dalam badan. Jadi dia tidak beracun.  
Bgmn kalau silia gel ini masuk ke air? Akan terjadi letusan2 kecil, dengan sedikit bunyi. Ini krn kristal menyerap air terlalu bnyk dan pecah.

Bagaimana kalau masuk mata? Seperti kalau pasir masuk mata, selaput mata akan tergores. Kadang sembuh sendiri, kadang infeksi. Kalau infeksi dibiarkan, kadang menjadi berat sehingga orang jadi buta. Jadi, pengaruh silika di sini tidak berbeda dengan luka yang disebabkan oleh benda lain yang masuk mata.
Letusan kecil dr silica gel menambah berat iritasi atau luka kecil yg terjadi.

Kesimpulan: Kerusakan mata akibat silika bukan karena dia beracun, melainkan karena luka yang disebabkannya. Berhati-hatilah kalau masuk mata.

***********************

2 comments: