Saturday, November 7, 2015

Penyakit Legionnaires

Beberapa bulan lalu orang2 di Amerika Serikat ribut. Ada wabah penyakit Legionnaires. Sepuluh org sdh meninggal. Bgmn sih ceritanya?

Ini adalah penyakit pernapasan yang menyebabkan gejala mirip radang paru, pneumonia, tidak menular dari orang ke orang, tapi krn menghirup air yg mengandung bakteri Legionella. Bakteri ini dapat berkembang dalam air hangat dan sangat berbahaya ketika air itu berubah menjadi kabut yang dapat terhirup. Bakteri Legionella dpt hidup di dalam air mancur terbuka (spt di depan HI), air mancur di taman atau di lobby hotel, sistem pendingin udara/AC, spa, shower kamar mandi dan alat kabut air utk menjaga kelembapan buah dan sayur di supermarket. Juga pd "cooling tower" di puncak gedung2 tinggi dimana air disemprotkan utk mendinginkan AC. Orang dpt tertular kl berada di dekat tempat2 itu bila air di situ mengandung kuman tadi.

Jadi, bgmn? Apa sebaiknya kita tutup hidung dengan saputangan kl dekat air mancur atau daerah buah di supermarket? Terserah. Tapi saya sendiri tdk pernah denger ada kasus penyakit ini di Indonesia. Mgkn org kita kuat2? Entahlah. Atau dokter RS jarang periksa biakan kuman? Tidak tahu juga...

Menurut saya sih lbh baik tutup hidung dengan saputangan kl dekat air mancur. Lalu, kl ke hotel, jgn langsung mandi. Buka air dan pancuran pelan2; biarkan mengalir sebentar. Lalu buka full sebentar. Usahakan jangan menghirup air yg keluar pertama kali. Kamar hotel kdg tdk terpakai selama seminggu, dan kuman dpt berkembang biak dlm shower.

No comments:

Post a Comment