Tuesday, November 3, 2015

Manfaat Air Kelapa Hijau



Dahsyatnya Air Kelapa Hijau!

Tulisan ini saya peroleh dari broadcast di group WA yang sumbernya tidak diketahui...

Benarkan ini?
 (Testimoni pribadi berkat share kesehatan dr teman2 WA, saya bisa bebas dr operasi pasang Ring dipembuluh Jantung. )
Ceritanya tgl 11.6. 2015, saya general chek up di RS Pondok Indah. Hasilnya kurang menggembirakan khususnya masalah jantung.  Saya divonis sakit jantung Coroner (CAD) krn arteri menyempit dise-babkan PLAQUE dan jantungnya membengkak 153%. Dokter menyarankan segera dilakukan tindak -an yaitu pasang ring atau by pass Mendapat khabar buruk spt itu, namanya org pasti tdk begitu saja menerima. Pasti cari second opinion.
Pertama, pada 7 Juli, saya konsultasi lagi ke dokter spesialis jantung senior dan juga
seorg profesor. Hasilnya sama saja. Beliau mengatakan bahwa dr hasil test general chek up bisadipastikan 2 dr 3 saluran menuju jantung sudah tersumbat plaque. Kl sumbatan masih dibawah 50% masih bisa dilakukan penyembuhan melalui obat. Kl ini sudah 70%. hrs dilakukan tindakan pasang ring.
Second opinion kedua, mengikuti saran teman WA utk memanfaatkan keajaiban air KELAPA HIJAU. Konon salah satu khasiatnya menghancurkan plaque di arteri. Saya langsung meminum air kelapa hijau minimal 1,5 liter setiap hari. Berangkat ke kantor mampir beli air kelapa di penjual pinggir jalan.
Tgl 28 juli, saya ke dokter di Pondok Indah lagi ... dan disuruh melakukan tindakan utk mengetahui dimana tepatnya penyumbatan terjadi dg methoda Suntikan Nuklir utk memudahkan pasang ring. Krn kesibukan kerja dan harus antri, baru tgl 11 Agustus, saya melakukan tindakan Cardilogi Nuklir selama 4 jam di RS Harapan Kita. Ditangani dokter Cardiologist, Nuclear Medicine Specialist. Ttp hasilnya baru bisa dilihat esok harinya. Alhamdulillah, pada hari ini, 12 Agustus 2015, saya dinyatakan tdk terlihat ada gangguan jantung ; Alias normal.

Terima kasih kawan atas share ini
Diskusi
Pertama2, syukur kalau hal itu benar, karena dengan demikian saudara kita ini tidak perlu menjalani prosedur medis yang menyakitkan, mahal, dengan semua kemungkinan komplikasinya.
Dia meminum air kelapa hijau dari Juli sampai Agustus, kira2 satu bulan. Dan sumbatan di jantung katanya hilang. Secara kedokteran, ini tidak mungkin. Proses penyumbatan terjadi selama bertahun2, bisa puluhan tahun. Jadi, kalau bisa hilang, mungkin prosesnya perlu beberapa tahun. Kalau hilang dalam sebulan, kemungkinan besar itu bukan efek kelapa hijau, tapi kesalahan pada pemeriksaan pertama. Itu yang bisa dikatakan oleh dokter.

Tapi kelapa hijau, dan kelapa muda lainnya, memang enak. Apalagi kelapa kopyor. Boleh saja meminumnya. Bagaimana efeknya? Enaaaak : )   Air kelapa juga mengandung banyak ion kalium (K+) yang bagus untuk tubuh, khususnya kalau sedang lelah, banyak keluar keringat. Tambahan kalium ini juga dapat menurunkan tekanan darah kalau kekurangan kalium.

Kesimpulan: Efek kelapa hijau terhadap sumbatan jantung mungkin hanya ISU saja. JANGAN percaya. Tapi air kelapa muda memang enak.

*** Bahan diambil dari diskusi group di WA; bahasa apa adanya, ejaan apa adanya.

2 comments:

  1. saya minum kelapa hijau 6 bulan pag dan sore sehabis oleh raga dan pulang kantor.
    biasanya asam urat saya 5.5 tapi karena kebanyakan "purin" air kelapa hijau, maka sekarang asam urat saya 6.8 - 7.2 dan sulit turun... saya yakin bahwa itu akibat air kelapa. sekarang good bye air kelapa. dan terus menerus cari alternative menurunkan asam urat baik melalui nanas maupun daun seledri, hasilnya masih nihil.

    om koko - Jakarta selatan
    omkoko@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ... Soal kaitan air kelapa hijau dan "purin", saya sedikit bingung. Saya tidak pernah baca hal ini. Setelah riset sedikit, ini yang saya temukan: air kelapa hijau tidak mengandung purin, penyebab kenaikan asam urat (Lihat USDA database). Dia mengandung air, lemak sedikit, mineral2, vitamin2, sedikit protein, tapi tak ada purin. Tapi satu artikel pertanian bilang air kelapa mengandung "sejenis purin". Entah apa yang dimaksud. ... Soal asam urat tidak turun2, jangan2 ada masalah lain. Karena biasanya, kalau diet rendah purin, asam urat langsung normal dalam 2 minggu, atau paling lama 2 bulan. (Banyak teliti asam urat karena saya penderita gout yg lumayan berat :) ...)

    ReplyDelete