Sunday, November 1, 2015

Air Beroksigen: Lebih sehatkah?

Super-Oxygenated Water




Benarkan ini?

Di pasar kini beredar banyak jenis "air beroksigen", "superoxygenated water", air hexagonal, dan lain2, yang diklaim mempunyai banyak efek bagus untuk kesehatan. Bukankah kita hanya bisa hidup karena ada oksigen di udara?

Diskusi  
Tanya: Apakah air biasa mengandung oksigen?
Jawab: Ya. Air biasa juga mengandung oksigen. Semua gas yang ada di udara, gas nitrogen, oksigen dan karbon-dioksida, juga ada di dalam air, dalam jumlah kecil.

T: Bagaimana dengan air beroksigen yang dijual di supermarket?
J: Konon pada pembuatannya, gas oksigen (O2) bertekanan tinggi dimasukkan ke dalam botol air tadi. Seperti halnya gas karbon-dioksida (CO2) ditekankah ke dalam air limun, Fanta, Coca Cola, dll. Tapi, seperti limun, waktu botol dibuka, gas akan keluar, sehingga oksigen yang tersisa tidak terlalu banyak.

T: Mengapa ikan bisa hidup di dalam air?
J: Karena ikan punya insang yang berfungsi menyerap oksigen dari dalam air. Manusia menyerap oksigen tidak lewat insang, tapi lewat paru2.

T: Apakah manusia bisa menyerap oksigen dari dalam air beroksigen?
J: Tidak tahu. Diduga, manusia tidak menyerap oksigen dari dalam usus dengan efektif.

T: Lalu kemana oksigen yang kita minum?
J: Seperti halnya minum limun, gas akan dibuang lewat kentut, atau sendawa. Mungkin ada gas yang berdifusi, terserap usus, tapi jumlahnya sangat sedikit. Karena usus tidak dirancang untuk menyerap oksigen.

T: Berapa banyak oksigen yang terkandung dalam air beroksigen?
J: Menurut perhitungan, dalam 1 liter air beroksigen tadi (harganya 40 ribu rupiah?), maksimum terkandung oksigen sebanyak oksigen yang kita hirup dengan sekali atau dua kali kita tarik napas. 

T: Tapi kan pabrik pembuatnya berbeda2?
J: Siapapun yang membuatnya, apapun mereknya, kandungan oksigen dalam air selalu terbatas. Waktu botol dibuka, gas oksigen keluar botol; gas oksigen yang tersisa di dalam air tsb selalu sama pada suhu sama. Itu hukum fisika yang tidak bisa diubah.

T: Jadi apakah air beroksigen tidak berguna?
J: Belum ada penelitian kedokteran terpercaya yang membuktikan bahwa air tadi punya manfaat khusus yang bagus untuk tubuh. Menurut kaidah ilmu kedokteran, sesuatu yang belum terbukti dianggap tidak bermanfaat, sampai terbukti sebaliknya. Juga perlu diingat, bahwa hal sebaliknya juga mungkin terjadi; air beroksigen nanti mungkin terbukti tidak bagus untuk tubuh.

T: Jadi, benar2 tidak berguna?
J: Mungkin saja nantiiii ada bukti. Mungkin tambahan oksigen tadi mengubah pola flora bakteri usus, siapa tahu. Tapi sampai sekarang belum ada yang berhasil membuktikannya. Kecuali Anda raja minyak atau konglomerat yang berlebihan uang, mungkin ada baiknya uang Anda digunakan untuk hal lain. Juga, air beroksigen nanti mungkin terbukti tidak bagus untuk tubuh. Kita tidak tahu.


Kesimpulan: Sejauh ini manfaat air beroksigen cuma ISU saja. JANGAN percaya. 

******************

Baca juga :

No comments:

Post a Comment