Saturday, October 31, 2015

Hidup sehat...

 Ikuti Pola Hidup ini supaya sehat.

  
Benarkan ini?
Ada beberapa hal yang perlu dijalani untuk hidup sehat (1) Menu yang alami, sedikit daging, banyak sayur mayur dan buah, batasi garam dapur, perbanyak umbi-umbian, kacang-kacangan;
(2) Jalan cepat dengan kecepatan 6 km/jam atau 100 m/menit selama 50 menit, seminggu 6 kali;
(3) Check up rutin pada dokter dan di lab.

Diskusi


Secara umum bener itu benar. Saya sendiri menjalani sebagian besar dari itu. Cuma ada beberapa catatan.

1. Tentang garam, doktrin lama, kurangi garam, umumnya dianut oleh semua dokter. Kalau Anda di Singapura, Anda akan sering dengar kampanye kurangi garam dan gula oleh pemerintah di sana... Tapi belakangan sebagian dokter meragukan peran garam pada darah tinggi. Mungkin perannya tidak sebesar yang diduga, katanya. Entah bagaimana akhir dari perdebatan itu.
Tapi dari kasus sehari2, ada orang tertentu yang perlu lebih banyak garam. Contohnya kenalan saya yang 92 tahun. Dia senang asin luar biasa. Waktu periksa darah, ternyata kadar ion natriumnya (Na) rendah. Garam dapur secara kimia adalah NaCl. Pantas dia suka garam... Kalau Anda suka garam, dan tidak rela mengurangi garam, boleh juga coba cek di lab kadar ion Na tadi. Kalau dalam keadaan normal cenderung rendah, "barangkali" tidak perlu kurangi garam. Yang terpenting: tekanan darah terkontrol pada angka 120/75 atau lebih rendah.

(2) Jalan cepat: Olahraga ini bagus untuk semua usia, khususnya usia tua. Kalau bisa 50 menit seminggu enam kali, itu bagus sekali. Tapi kalau tidak bisa, atau tidak sempat, atau malas,10 menit sehari juga OK kok. Daripada tidak. Lebih bagus lagi pakai sistem HIIT (High Intensity Interval Training). Misalnya lari cepat selama 8 detik, lalu jalan santai 12 detik. Diulang bolak balik sampai total 10 menit. Tidak sempat juga? Kurangi, jadi 5 menit. Pagi dan sore. O ya, kalau tidak mau keluar rumah, boleh juga lari di tempat, di kamar.

(3) Check up rutin; Pemerintah AS secara umum memberi pedoman, pemeriksaan rutin tahunan tidak dibutuhkan. Tapi kalau kita ingin periksa, tidak ada jeleknya, kalau ada uang. Tidak perlu periksa semua. Cukup pemeriksaan tertentu saja. Akan saya bahas pada tulisan lain.

Kesimpulan: Pada umumnya tulisan di atas benar, dengan beberfapa catatan.

*** Bahan diambil dari berita di group WA; dengan bahasa apa adanya, ejaan seadanya.

No comments:

Post a Comment