Thursday, October 15, 2015

Ada tanaman beracun di rumah Anda. Awas !

 Ada tanaman beracun di rumah Anda... Awas !
Tulisan ini saya peroleh dari broadcast yang sumbernya tidak diketahui. Kalau ada yang merasa ini miliknya (dan dapat dibuktikan), dan merasa keberatan untuk dimuat di sini, harap hubungi saya... Terima kasih...
Benarkan ini?

COPAS. Bagi yg masih punya anak kecil atau cucu : "Saya baru saja kehilangan malaikat kecil saya yang baru berusia 3 tahun, ia menelan daun dari tanaman beracun ini, lidahnya membengkak dan membawanya ke kematian. Tanaman beracun ini telah menyambar putri saya, jadi saya memperingatkan kepada semua orang, untuk tidak menanam tanaman yang beracun di rumah."



Dieffenbachia merupakan tanaman yang sangat indah dan sering ditemukan di rumah dan kantor. Warnanya yang hijau bisa menambah keindahan lingkungan dan menjadi pemandangan yang luar biasa. Tapi sayangnya, tanaman ini memiliki efek yang sangat berbahaya. Anak-anak dan hewan peliharaan yang mengunyah dieffenbachia dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti mati rasa yang berlangsung secara terus-menerus, iritasi mulut, air liur berlebihan, dan pembengkakan di area mulut. Bahkan yang paling fatal dapat menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak menanam tanaman ini di rumah untuk melakukan tindakan pencegahan. Dieffenbachia dapat memiliki efek yang kuat pada beberapa orang, bahkan walaupun Anda hanya mengonsumsi dalam jumlah kecil. Tanaman ini dapat menyebabkan kematian pada anak-anak hanya dalam waktu satu menit, sedangkan pada orang dewasa bisa bereaksi dalam waktu 15 menit. Bahkan jika Anda menyentuh tanaman ini lalu mengucek mata dengan tangan yang sama, hal tersebut dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Tetapi, jika Anda tetap ingin menanamnya di lingkungan rumah Anda, jangan lengah dan terus awasi anak-anak Anda.

Diskusi

EN. - Soal tanaman beracun, jangan percaya. Itu dibesar2kan. Tanaman itu memang pedas dan menyebabkan iritasi. Tapi efeknya kira2 sama dengan cabe. Kena cabe sedikit saja kan anak sdh nangis. Begitu juga dengan tanaman tadi... Kalau anak memakan 20 biji cabe, mungkin terjadi efek yang membahayakan (saya tidak tahu seperti apa, karena tidak ada kasusnya). Tapi mana mungkin anak kecil makan 20 cabe tanpa dipaksa. Baru sedikit saja dia sudah menangis teriak2... Don't believe too fast.
BH - Tapi apakah benar daun semacam difoto bisa bikin iritasi hebat?
EN - Iritasi saja. Tdk mematikan.

Kesimpulan: ISU saja. JANGAN percaya. Tapi hati-hati pada efek iritasinya.

*** Bahan diambil dari diskusi group di WA; jadi bahasa seadanya, ejaan apa adanya.

No comments:

Post a Comment