Tuesday, January 10, 2017

Virus Zika

Tentang virus Zika
===============

1. APA VIRUS ZIKA ITU?

Kata "zika" berasal dari hutan Zika di Uganda, di mana virus itu pertama kali diisolasi oleh para ilmuwan pada tahun 1947 dari monyet di situ.

Virus ditularkan ke manusia melalui nyamuk Aedes, nyamuk hitam berbintik2, yang juga menyebarkan demam berdarah dan chikungunya.

2. APA SAJA GEJALANYA?

Gejala biasanya ringan; hanya satu dari lima orang yang terinfeksi benar-benar jatuh sakit. Jadi sebgn besar tdk merasa sakit.

Gejala umumnya, sedikit demam, kemerahan pd kulit, mata merah tanpa tahi mata, sakit kepala, serta nyeri sendi dan otot.

Masa inkubasi tidak diketahui, tetapi diperkirakan beberapa hari sampai satu minggu. Penularan virus antar manusia juga mungkin, khususnya lewat seks.

Penderita jarang perlu perawatan di RS dan kematian jarang sekali terjadi. Tapi efek merusaknya yg dikhawatirkan.

3. ADAKAH OBAT ATAU VAKSIN UTK ZIKA?

Saat ini tidak ada obat atau vaksin khusus untuk virus ini.

Untuk menghindari infeksi, gunakan obat nyamuk, pakai pakaian yg menutupi tubuh, lengan dan kaki, dan tidur di bawah kelambu atau di kamar dengan kawat nyamuk.

Seperti langkah-langkah untuk mencegah penyebaran demam berdarah,  masyarakat juga harus memastikan tidak ada genangan air di rumah.

4. APA VIRUS INI BENAR-BENAR MENYEBABKAN CACAT LAHIR?

Virus Zika dikaitkan dengan mikrosefali. Bayi yg terkena dlm kandungan dilahirkan dengan kepala dan otak yg kecil sekali. Ini mempengaruhi kemampuan gerak dan otak si bayi. Diduga, virus ini juga dpt mengganggu saraf bayi di bwh 1 tahun yg terkena... Ini sangat mengkhawatirkan.

Pada org dewasa diduga virus ini bisa menyebabkan kelumpuhan yg disebut sindroma Guillain-Barre.

5. BERAPA BANYAK NEGARA TELAH DILAPORKAN TERTULAR?

Pada 23 Agustus 2016, telah dilaporkan di 56 negara wilayah Amerika, Kepulauan Pasifik dan Afrika serta Asia Tenggara, termasuk Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand.

Di Indonesia blm terdengar, mgkn krn tdk ada yg diperiksa...

Dr.E.Nugroho

No comments:

Post a Comment