Wednesday, January 11, 2017

SERANGAN JANTUNG/ANGIN DUDUK- Usahakan batuk2

Luangkan waktu 2 menit untuk membaca ini :

Tiba2 Anda mulai merasakan sakit yg amat sangat di dada serta mulai ketarik di bagian lengan dan rahang. Dan Anda tidak tahu , apakah Anda mampu sampai ke RS terdekat ?.

Bgmn melakukannya untuk diri Anda sendiri.
Bgmn pertolongan ketika SERANGAN JANTUNG terjadi pada diri sendiri ?,

Banyak kejadian serangan jantung terjadi ketika org tsb sedang sendirian, - org tsb merasakan jantungnya berdetak tdk normal & mulai merasakan sakit. Anda hanya mempunyai lebih kurang 10 menit aja sblm kehilangan kesadaran.
Namun sebenarnya Anda bisa menolong diri sendiri dgn cara :
- Berbatuk secara ber-ulang2, dengan semangat/kencang.
- Tarik nafas yg dalam setiap kali sblm batuk.
- batuk harus dalam dan berkepanjangan, spt mau membuang slim/dahak.
- Menarik nafas yg dalam dan batuk HARUS terus dilakukan sampai bantuan datang atau sampai detak jantung berasa normal kembali.
- Menarik nafas panjang & dalam,akan menarik banyak oxigen ke paru2, & batuk akan menekan (squeeze) jantung yang membuat darah tetap ter-sirkulasi.
- Dan tetap jaga kesadaran.... dgn cara : menggaruk-garuk di jari kelingking dengan ibu jari.....

dari :
Xxxxx, Alumni FK UI bersama IDI Ikatan Dokter Indonesia

Diskusi

Ini tidak benar.

Persiapan bila Anda khawatir akan serangan jantung.
1. Kendalikan tekanan darah, kolesterol, trigliserida, gula darah.
2. Utk itu, biasanya perlu diet. Kurangi lemak dan minyak jenuh (minyak kelapa, margarin), tambahkan minyak tak-jenuh, Olive oil dll. Kalau berat badan berlebihan, turunkan. Dengan usaha ini saja semua parameter di atas umumnya akan membaik.
3. Bnyk olahraga, tapi jangan paksa fisik utk kalahkan lawan. Olahraga terlalu berat kdg memicu serangan jantung pd mereka yg sdh ada sumbatan di jantungnya.
4. Persiapkan RS. Cari info RS yg ada fasilitas penanganan darurat jantung, yg terdekat dengan rumah Anda. Tidak semua RS punya. Beri pesan pd keluarga di rmh.
5. Siapkan obat2 ini:
  - Aspilet tablet
  - Propranolol tablet
  - Cedocard tablet isap
Tidak ada bukti ini mencegah anda mati. Tapi inilah yg akan diberikan pertama kali kalau anda smp di RS... Makan obat ini dulu seblm brngkt ke RS...
Pada serangan jantung umumnya tekanan darah naik bnyk... Kalau tidak naik, jangan minum obat propranolol tadi. Krn dia menurunkan tekanan darah.

Pd 50% kasus, gejala pertama dari serangan jantung itu adalah kematian. Tidak perlu teori macam2.

No comments:

Post a Comment